Image

Wasit / Joystick

Wasit / Joystick

Wasit? Joystick?
Ya menurut gue, 2 kata itu saling berhubungan kalo berurusan sama sepak bola. Sebelom gue bahas kenapa berhubungan, gue jelasin apa itu Wasit dan Joystick menurut gue.
Menurut gue gunanya Wasit itu ya sebagai pengadil di lapangan. Pengadil? Namanya juga sepak bola, pasti tiap pertandingan ada dua tim dan ada dua tim tapi mungkin salah satunya ada yang gunain segala cara di lapangan biar timnya itu menang. Makanya harus ada pengadil yang jujur, walaupun mungkin beberapa oknum Wasit ada yang ngebela salah satu tim. Tapi walaupun ada Wasit yang ngebela salah satu tim, kita harus dewasa, jangan kebawa emosi. Toh masyarakat juga bisa menilai kok, yang mana yang pantas menang.
Kalo Joystick ya gunanya buat ngendaliin pemain di game bola. Bisa aja sih tanpa Joystick kita maen game bola, ya pake cara komputer yang ngendaliin, tapi ya namanya manusia pasti punya nafsu, jadi ya kalo komputer itu gak gerak sesuai pemikiran kita, kita bakalan gemes banget.
Nah hubungan Wasit dan Joystick itu, kita pasti punya kan tim sepak bola unggulan? Nah kalo tim unggulan kita kalah, dan sikonnya Wasit berlaku sangat jujur, pasti tanpa kita sadari, kita pasti ada rasa kesal sama Wasit. Wasit udah jujur aja kita kesel, gimana Wasit berlaku curang, pasti keselnya setengah mati. Nah kalo Joystick, saat kita maen game bola, dan sikonnya kita sedang kalah, pasti kita mikir, Joystick yang kita pakai itu lambat lah atau rusak lah atau gak enak dipake lah, pokoknya Joystick yang dipake lawan kita di game bola lebih waraslah dibanding Joystick kita.
Ya Intinya sih, kalo kita sedang KALAH di game bola atau pertandingan beneran dan tim unggulan kita KALAH, kita pasti emosi. Ya kalo gitu mending ukur kedewasaanya aja, mana yang pola pikir DEWASA atau mana yang pola pikirnya SEMPIT.

Gue sih bukannya sok bijak, gue juga pernah emosi, tapi ya belajar dari kesalahan lah. 🙂 cheers!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s