“What’s in a name?” Hamidi Asfi Hani (?)

William-Shakespeare-quote1
“Pembicaraan di atas, latar belakangnya adalah dialog Romeo dengan Juliet saat membahas kisah cinta mereka. Dan Romeo mempertanyakan, Apa sih arti nama Capulet (nama keluarganya) yang justru membuat perselisihan.”


Mula dari nama terakhir saya, Hani. Banyak yang tidak mempercayai bahwa seorang pria yang berwajah dihiasi rambut-rambut tipis di bawah hidung, dagu dan pipi, mempunyai nama seperti umumnya nama perempuan. Namun jika digabungkan dengan nama depan saya, terlihat kelaki-lakian dari nama saya. Hamidi Asfi Hani.

Entah dari mana mulainya, saya pun dipanggil Hani yang terdengar kewanitaan. Kenapa tidak dipanggil Hamidi atau Asfi yang terdengar lebih netral dan juga tidak kodian. Mungkin karena anak sulung dari orang tua saya adalah laki-laki, maka anak bungsunya yaitu saya diharapkan lahir dengan berjenis kelamin perempuan karena orang tua saya sudah menyiapkan nama seperti nama perempuan.

Cukup janggal terdengar di telinga orang yang baru pertama kali berkenalan.

Hamidi Asfi Hani. Saya pikir Hamidi adalah nama yang diambil dari kata Hamid yang dalam bahasa Arab mempunyai arti terpuji. Kalau Asfi mungkin hanya sebuah kata dari rangkaian huruf yang dipakai untuk memisahkan nama Hamidi dan Hani, agar terdengar lebih irama. Dan Hani mungkin sama seperti sebagian orang yang mengartikannya dengan sayang.

Tetapi menurut situs pencarian google yang mengacu ke alamat nama.crazyartzone, bayilelakiku, carinamabayi, arti nama saya berbeda dari perkiraan saya.

Hamidi yang diambil dari sebuah bahasa karakteristik memiliki arti “Menikmati kompetisi. Berkeinginan kuat dan bertujuan. Senang di rumah, pekerja keras. Selalu diberkati. Dapat diandalkan, bertanggung jawab. Idealis, humanis.”

Asfi yang artinya adalah “Saat kelimpahan.” menurut alamat web, arti nama Asfi tersebut diambil dari nama bayi laki-laki Kristen.

Hani yang diambil dari bahasa Arab mempunyanyi arti ganda, yang pertama jika untuk laki-laki Islami mempunyai arti “Yang mengucapkan selamat.” Dan jika untuk laki-laki Arab mempunyai arti “Bahagia.”

Entah apapun arti dari nama saya, sedikit banyak saya menyukai nama yang diberikan oleh orang tua saya.  Hamidi Asfi Hani. Cukup filosofis. Dan saya pun tidak menanyakan arti nama saya kepada orang tua saya. Biar menjadi misteri bagi saya. Karena dalam nama sendiri terkandung do’a dan harapan orang tua kepada anaknya. Akan tetapi kalau nama itu hanya membuat perselisihan saja, maka nama itu tidak akan berarti apa-apa.

Leave a Reply

